RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/ Semester :
VII/ ganjil
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Materi Pokok :
Pemanasan Global
Pertemuan ke :
1
Alokasi Waktu :
3 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
KI 1
: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
KI 3
:Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa keingintahuannya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1.Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamatan ajaran agama yang dianutnya
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi perilaku. Menjaga kebersihan dan kelestarian
lingkungan.
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan
suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari.
3.10
mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan
dampaknya bagi ekosistem
4.13
menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan
usulan penanggulangan masalah
C. Indikator
1. Menunjukkan
rasa peduli dengan cara menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan sehat
2. Menunjukkan
sikap tanggung jawab, kreatif, saling menghargai, peduli lingkungan dalam
kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
3. Mengklasifikasikan
contoh-contoh perpindahan kalor
4. Menjelaskan
factor-faktor yang menjadi penyebab pemanasan global
5. Menyimpulkan
keterkaitan hubungan pencemaran lingkungan dengan pemanasan global
6. Menyebutkan
zat-zat atau senyawa penyebab pemanasan global
7. Menjelaskan
keterkaitan antara proses pemanasan global dengan proses perpindahan kalor
8. Mempresentasikan/mengkomunikasikan
poster mengenai pemanasan global
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses
melihat, mengamati, menanyakan dan berdiskusi siswa dapat:
1. Mengembangkan
rasa peduli terhadap sesama makhluk hidup dan lingkungannya setelah menyaksikan
film pendek mengenai pemanasan global
2. Mengembangkan
sikap tanggung jawab, kreatif, saling menghargai dan peduli terhadap lingkungan
melalui penugasan membuat poster mengenai pemanasan global
Melalui proses mengumpulkan informasi, bereksperimen dan
menghubungkan data siswa dapat:
1. Mengklasifikasikan
contoh-contoh cara perpindahan kalor setelah melakukan simulasi perpindahan kalor.
2. Menyebutkan
kembali faktor-faktor yang menjadi penyebab pemanasan global setelah berdiskusi
mengenai materi pemanasan global
3. Menyimpulkan
keterkaitan hubungan pencemaran lingkungan dengan pemanasan global setelah
menyimak presentasi kelompok mengenai poster “pemanasan global”
4. Menyebutkan
zat-zat atau senyawa penyebab pemanasn global setelah menyimak pemaparan dari
guru mengenai pemanasan global.
5. Menjelaskan
mekanisme efek rumah kaca penyebab pemanasan global yang dikaitkan dengan
perpindahan kalor setelah berdiskusi
6. Mengembangkan
keterampilan berkomunikasi melalui kegiatan presentasi.
Melalui proses pembuatan poster pemanasan global dan
pertanggungjawaban karya siswa dapat:
1. Mempresentasikan waspada pemanasan global melalui poster
2. Mengkomunikasikan bahaya pemanasan global melalui poster
E. Materi
1.
Pengertian pemanasan
global
Adalah suatu proses meningkatnya suhu
rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi.
2.
Faktor penyebab
terjadinya pemanasan global
a.
Polusi karbondioksida
dari pembangkit listrik bahan bakar fosil
b.
Polusi karbondioksida
dari asap kendaraan bermotor
c.
Gas metana dari
peternakan dan pertanian
d.
Aktifitas penebangan
pohon
e.
Penggunaan pupuk kimia
yang berlebihan
3.
Dampak pemanasan global
terhadap makhluk hidup dan lingkungan
a.
Kenaikan permukaan air
laut
b.
Peningkatan intensitas
terjadinya badai
c.
Menurunnya produksi
pertanian akibat gagal panen
d.
Makhluk hidup terancam
punah
4.
Upaya mengatasi
pemanasan global
a.
Menanam pohon
b.
Mengurangi penggunaan
kendaraan bermotor
c.
Hemat listrik
5.
Keterkaitan efek rumah
kaca penyebab pemanasan global dengan perpindahan kalor
Penyebab
efek rumah kaca adalah dikarenakan naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2)
dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan
pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara dan bahan bakar organic lainnya.
Cahaya matahari masuk kedalam bumi melalui proses radiasi. Energy yang masuk ke
bumi mengalami : 25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer, 25%
diserap awan 45% diadsorpsi permukaan bumi dan 5% dipantulkan lagi oleh bumi.
Energy yang, di adsorpsi dipantulkan kembali dalam bentuk infra merah oleh awan
dan permukaan bumi. Namun sebagian besar infra merah yang dipancarkan bumi
tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, untuk dikembalikan ke permukaan
bumi. Dalam keadaan normal, efek rumah kaca diperlukan, dengan adanya efek
rumah kaca perbedaan suhu antara siang dan malam di bumi tidak terlalu jauh
berbeda. selain gas CO2 yang dapat menimbulkan efek rumah kaca adalah SO2, NO,
NO2, CH4, CFC. Gas-gas tersebut memegang peranan penting dalam meningkatkan
efek rumah kaca.
F. Pendekatan/
Strategi/ Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Integrated Approach
2.
Metode : Diskusi, Tanya
jawab dan ekspositori gambar
G. Media,
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Poster,
Laptop, LCD
2.
Sumber belajar
Buku
IPA SMP kelas VII, Poster tugas, Film pendek mengenai pemanasan global.
H. Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan
salam, dilanjut dengan mengecek kehadiran siswa.
-
Guru menceritakan
perjalanannya dari rumah ke sekolah (disini diceritakan betapa panas dan
sesaknya suasana kota bandung saat ini, kendaraan bermotor dimana-mana
sehingga menyebabkan polusi udara)
-
Guru menayangkan film
pendek mengenai pemanasan global
|
25’
|
Kegiatan
Inti
|
-
Guru memimpin diskusi
mengenai hikmah apa yang bisa di ambil mengenai tayangan film pendek yang
ditampilkan.
(pertemuan sebelumnya guru sudah
menugaskan kepada siswa untuk membuat poster dengan tema save our earth dari pemanasan global)
-
Guru mengingatkan
kembali mengenai tugas pembuatan poster secara berkelompok. Dan guru
mengundinya langsung untuk presentasi masing-masing kelompok mengenai tugas
poster yang dibuat oleh masing masing kelompok.
-
Guru menyimpulkan
kembali dari setiap penampilan masing-masing kelompok.
-
Guru memaparkan materi mengenai perpindahan kalor serta
melakukan simulasi macam-macam perpindahan kalor.
-
Guru mendiskusikan mengenai
keterkaitan perpindahan kalor dengan efek rumah kaca penyebab terjadinya
global warming.
|
80’
|
Penutup
|
-
Guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
-
Pemberian penghargaan
kepada kelompok yang mempresentasikan poster dengan baik
|
15’
|
I. Penilaian
1. Metode
dan bentuk instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
-
Sikap
|
-
Lembar pengamatan
sikap dan rubrik (yang menilai kelompok lain)
|
-
Tes unjuk kerja
|
-
Tes penilaian produk
(poster)
|
-
Tes tertulis
|
-
Tes uraian terbatas
|
2. Contoh
Instrumen
a. Lembar
pengamatan sikap
Nama
Kelompok Yang dinilai :
|
|||||
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Kreatifitas tampilan poster
|
|
|
|
|
2
|
Cara menyampaikan poster
|
|
|
|
|
3
|
Kebermaknaan pesan yang disampaikan dalam poster
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kreatifitas tampilan
poster
|
3 : poster memiliki tema yang senada
(mengenai pemanasan global), perpaduan warna gambar harmonis. Font yang
digunakan dalam poster menarik dengan warna yang jelas dan mudah terbaca.
1
: poster memiliki
tema yang senada (mengenai pemanasan global) isi pesan (font) terbaca dengan
jelas
1
: poster memiliki tema kurang relevan.
|
2
|
Cara menyampaikan
poster
|
2
: penyampaian isi
poster melalui presentasi sangat jelas, aktif dalam Tanya jawab, menghargai
pendapat siswa lain
2
: penyampaian isi poster melalui presentasi cukup jelas, kurang aktif
dalam Tanya jawab, menghargai pendapat orang lain
1
: penyampaian isi poster melalui presentasi kurang jelas, tidak aktif
dalam Tanya jawab, kurang menghargai pendapat orang lain.
|
3
|
Kebermaknaan pesan
yang disampaikan dalam poster
|
3
: mengandung ajakan
untuk lebih menjaga lingkungan dengan baik
2 : kurang mengandung ajakan untuk lebih
menjaga lingkungan dengan baik
1 : tidak mengandung ajakan untuk lebih
menjaga lingkungan dengan baik
|
b. tes tertulis
soal uraian terbatas
1. Sebutkan
faktor-faktor penyebab terjadinya efek rumah kaca (pemanasan global) ?
2. Bagaimanakah
keterkaitan perpindahan kalor dengan efek rumah kaca penyebab terjadinya
pemanasan global?
3. Sebutkan
5 dampak yang disebabkan terjadinya pemanasan
global?
No comments:
Post a Comment